Tiga Pelajar Payakumbuh Ikuti OSN Nasional

id osn

Payakumbuh, 19/5 (Antara) - Sebanyak tiga pelajar Yayasan Pendidikan Raudhatul Jannah (YPI-RJ) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) masuk daftar kontingen provinsi itu pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015.

"Tiga pelajar itu adalah siswi Sekolah Dasar Islam-RJ Alya Naila Zaid , siswa Sekolah Menengah Pertama Islam-RJ Ikhsanul Muslim , dan siswa SMPI-RJ Akhlaqul Iman," kata Kepala SMPI -RJ Yenni Kurnia di Payakumbuh, Selasa.

Ia mengatakan Provinsi Yogyakarata dan Sulawesi Tengah akan menjadi tuan rumah OSN 2015 yang akan berlansung selama lima hari dimulai sejak 18 sampai 23 Mei.

Kepala SMPI-RJ Yenni Kurnia mengatakan, dua siswanya akan mengikuti lomba di bidang sains dan matematika secara terpisah di Kota Palu Sulawasi Tengah dan Yogyakarta.

Kemudian satu siswi Sekolah Dasar Islam (SDI RJ) akan mengikuti lomba sains di Kota Yogyakarta, kata dia.

Sementara itu Pemerintah Kota Payakumbuh akan mengakomodasi semua fasilitas keberangkatan dua kepala sekolah sebagai bentuk perhargaan terhadap mereka yang berhasil mendidik siswa/siswi sampai ke Nasional.

"Pemerintah akan fasiltasi dua kepala sekolah untuk memberikan semangat kepada siswa secara langsung," kata Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi.

Kemudian pihak YPI-RJ juga akan memberangkatkan tiga guru pendamping, bahkan pihaknya akan memberangkatkan Umrah guru pendamping jika peserta didiknya mendapat medali emas.

Sebelumnya tiga pelajar terbaik ini dilepas secara simbolis oleh pihak pemerintah dan juga berpamitan secara langsung dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada peringatan Hardiknas 2 Mei. (cpw12)