Kemenag Pasaman Barat Bersiap Terapkan Kurikulum 2013

id Pasaman Barat, Kurikulum 2013

Simpang Ampek, (Antara) - Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), mengadakan bimbingan teknis terhadap 51 guru bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam di Simpang Ampek, Senin.

"Benar, bimbingan teknis (bimtek) kita laksanakan untuk penerapan kurikulum 2013," kata Kepala Kemenag Pasaman Barat, Marjanis melalui melalui Kasubag Tata Usaha Kementrian Agama Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar, Ronaldi, di Simpang Ampek, Senin.

Ia mengatakan bimtek tersebut meliputi bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Alqur'an Hadits, Fiqih, Aqidah Ahlaq, SKI, dan Bahasa Arab.

"Kegiatan ini kita laksanakan hingga malam yang dilaksanakan dua kali per bidang studi," ujarnya.

Ia mengharapkan bimtek ini bisa meningkatkan pengetahuan dan pemahaman yang utuh tentang kurikulum 2013 ini.

Sehingga dapat mengimplementasikannya di lapangan untuk siswa yang berkarakter dapat terwujud.

"Selain penerarapan kurikulum 2013, bimtek yang dilaksanakan ini bisa juga meningkatkan mutu pendidikan agama di Pasaman Barat,"harapnya.

Sementra itu narasumber bimtek, Zanwir dari Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada pemerintah, karena selama ini bimtek hanya diperuntukkan untuk sekolah negeri saja. Sekarang Bimtek untuk seluruh guru baik negeri maupun swasta.

"Dengan adanya bimtek ini dapat meningkatkan pengetahuan guru sehingga ada peningkatan pola mengajar dari sebelumnya, baik di sekolah negeri ataupun swasta,"katanya.

Bimtek itu uga dapat merobah watak, sikap, prilaku, dan cara berpakaian serta sopan santun guru agar lebih berkarakter, sehingga menjadi panutan bagi seluruh siswa nantinya.

Ia berharap seluruh guru yang terpilih mengikuti bimtek kurikulum 2013 ini untuk bisa mengikuti dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menerapkan di sekolahnya masing-masing.

Salah seorang peserta bimtek, Arman mengatakan dia sangat bersyukur dengan adanya bimtek. Sebab dapat menambah ilmu pengetahuannya.

Ia berharap materi yang diberikan kepadanya ataupun kepada peserta bimtek hendaknya bisa diterapkannya di sekolah serta bisa meningkatkan mutu pendidikan Pasaman Barat kedepannya. (*)