Budi Gunawan Dilantik sebagai Wakapolri

id Budi Gunawan, Wakapolri

Budi Gunawan Dilantik sebagai Wakapolri

Komjen Pol Budi Gunawan. (Antara)

Jakarta, (Antara) - Kadivhumas Polri Irjen Anton Charliyan mengatakan bahwa Komjen Budi Gunawan --yang batal menjadi kapolri terkait dugaan korupsi oleh KPK-- telah resmi dilantik sebagai Wakil Kepala Kepolisian RI.

"Kami sampaikan kepada masyarakat, alhamdulillah kita sudah punya wakapolri. Mohon doa restunya semoga Pak Badrodin (kapolri, red) dan Pak Budi bisa bekerja sama dengan baik untuk meningkatkan kinerja Polri. Agar Polri lebih solid," kata Anton di Mabes Polri, Jakarta, Rabu.

Dalam acara pelantikan yang berlangsung di Gedung Rupatama, Mabes Polri itu, tidak ada satu pun awak media yang diperkenankan masuk ke ruangan pelantikan.

"Nggak ada yang ditutup-tutupi, jangan suudzon. Mohon jangan dibesar-besarkan seperti kesalahan. Yang penting kan sudah saya beri tahu bahwa siang ini telah dilakukan pelantikan wakapolri," katanya.

Anton mengatakan acara pelantikan berlangsung singkat dan sederhana karena Kapolri Jenderal Badrodin Haiti langsung meninggalkan tempat terkait keperluan pengamanan Konferensi Asia Afrika (KAA).

Sementara Komisioner Kompolnas Edi Hasibuan mengatakan dalam acara pelantikan itu hadir beberapa pejabat utama Mabes Polri di antaranya Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol Dwi Priyatno, Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno, Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Komjen Djoko Mukti Haryono, Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Budi Waseso, Kakorbrimob Irjen Robby Kaligis dan Kadivpropam Irjen Syafruddin.

"Nggak semua pejabat Mabes hadir, karena acaranya singkat dan ruangannya pun sempit," kata Edi. (*)