Kawasan Monas Dipenuhi Masyarakat, Meski Car Free Day Ditiadakan

id KAA, Monas, Car Free Day

Jakarta, (Antara) - Kawasan Monumen Nasional (Monas), terutama di pintu yang menghadap ke arah Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu dipenuhi masyarakat meskipun "car free day" ditiadakan untuk mempersiapkan pelaksanaan peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA).

Berdasarkan pantauan Antara di lapangan sejak pagi hingga pukul 10.30 WIB, masyarakat masih memenuhi kawasan Monas dan trotoar sepanjang Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

Beberapa di antara mereka mengaku tidak tahu jika hari itu CFD ditiadakan untuk mempersiapkan peringatan KAA.

Sejumlah masyarakat yang membawa sepeda terpaksa harus bersepeda di kawasan Monas dan mengurungkan niatnya untuk bisa bersepeda di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin.

Beberapa aparat kepolisian tampak berjaga dan berkali-kali memperingatkan warga agar tidak berolahraga di kawasan Thamrin-Sudirman karena CFD ditiadakan.

Sebelumnya Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) bersama Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya menggelar gladi bersih dan apel pasukan pengamanan Konferensi Asia Afrika (KAA) Ke-60 di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu pukul 07.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari Bidang Humas Polda Metro Jaya, gelar pasukan dan gladi bersih dipimpin Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Unggung Cahyono dan Panglima Kodam Jaya Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo.

Polda Metro Jaya mengerahkan sekitar 4.236 personel yang terdiri atas Satuan Tugas (Satgas) Polda Metro Jaya, Satgas Polres dan Satgas Khusus dari Korps Brimob Polri.

Sementara sejumlah delegasi dan kepala negara telah hadir di Jakarta guna menghadiri kegiatan KAA dimana sebanyak 77 delegasi pemimpin negara dijadwalkan menghadiri peringatan Konferensi Asia Afrika Ke-60 yang berlangsung pada 19 - 24 April 2015. (*)