Gubernur Ajak Masyarakat Jadi Konsumen Cerdas

id Gubernur, Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Konsumen Cerdas

Gubernur Ajak Masyarakat Jadi Konsumen Cerdas

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.

Padang, (Antara) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengajak masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas dengan membeli produk yang berkualitas serta mengutamakan produk dalam negeri.

"Teliti sebelum membeli, jangan ceroboh lihat dulu batas kedaluwarsa barang yang dibeli," ucap Irwan di Padang, Minggu pada peringatan Hari Konsumen Nasional 2015.

Menurut dia, konsumen yang cerdas memahami hak dan kewajiban dimana tidak asal memberi barang serta memastikan setiap produk yang dibeli memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan.

"Perhatikan label, beli sesuai kebutuhan jangan keinginan karena belum tentu barang yang kita inginkan dibutuhkan," ujar dia.

Pada kesempatan itu Gubernur Irwan juga melepas gerak jalan santai yang diikuti oleh sekitar 100 peserta serta membubuhkan tanda tangan pada kain putih panjang sebagai wujud gerakan sadar konsumen.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar Mudrika menyampaikan pada peringatan Hari Konsumen 2015 pihaknya menyelenggarakan sejumlah kegiatan mulai dari gerak jalan, sejumlah lomba, hingga talkshow tentang konsumen cerdas.

"Peringatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas," kata dia.

Ia mengatakan salah satu yang menjadi perhatian pemerintah saat ini adalah ketika masyarakat membeli pakaian bekas yang diimpor dari luar negeri.

Menurutnya dalam membeli pakaian bekas yang diimpor dari luar negeri harus dipastikan apakah aman , sehat dan nyaman serta tidak merusak lingkungan.

Ternyata setelah diperiksa oleh Kementerian Perindustrian dan Perdagangan pakaian bekas impor tersebut tidak aman, banyak membawa virus, ujar dia.

Oleh sebab itu ia mengajak masyarakat untuk teliti sebelum membeli agar menjadi konsumen yang cerdas dan menyadari hak dan kewajiban yang dimiliki. (*)