Pertempuran Sengit Berkecamuk di Pinggiran Tripoli

id Sumbar, Pertempuran, Libya, Tripoli

Tripoli, Libya, (Antara/Xinhua-OANA) - Pertempuran sengit antara anggota milisi Fajar Libya dan pasukan pro-pemerintah berkecamuk pada Jumat (17/4) di Ibu Kota Libya, Tripoli, kata beberapa saksi mata dan sumber militer.

Pertempuran sengit tersebut meletus saat fajar di pinggiran timur Tripoli, Tajoura, kata seorang pejabat militer pro-pemerintah kepada Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu.

Beberapa saksi mata mengatakan, pemboman secara membabi-buta terjadi di sejumlah daerah permukiman di sana, saat pertempuran berkecamuk terus. Beberapa saksi mata juga mengatakan pemboman itu "menewaskan dan melukai beberapa orang".

Belum ada laporan medis yang mengkonfirmasi jumlah korban.

Sementara itu, pertempuran sengit terjadi di Azizia dan Az-Zahra di Tripoli Barat antara anggota Fajar Libya dan pasukan pro-pemerintah, yang berusaha bergerak maju ke Tripoli.

Ibu Kota Libya tersebut jatuh ke dalam kekuasaan Fajar Libya pada Agustus lalu. Koalisi Islam bersenjata itu mendirikan pemerintahnya sendiri untuk menghadapi pemerintah yang diakui oleh masyarakat internasional, yang saat ini berada di pengasingan di Kota Tobruk, Libya Timur.

Pasukan pro-pemerintah telah berusaha merebut kembali kendali atas ibu kota Libya dari milisi Fajar Libya sejak Maret.

Walaupun PBB menengahi beberapa bak pembicaraan perdamaian antar- pihak yang bertikai pada September lalu, bentrokan terus berkecamuk kendati gencatan senjata disepakati oleh semua pihak. (*)