Gubernur Sumbar Resmikan Pembangunan Jalan Duku-Sicincin

id Gubernur, Sumbar,Jalan Duku-Sicincin, Padangpariaman

Gubernur Sumbar Resmikan Pembangunan Jalan Duku-Sicincin

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Padangpariaman, (Antara) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno meresmikan pembangunan jalan Duku-Sicincin yang digunakan sebagai jalan alternatif untuk mengurai dan mengatasi kemacetan pada jalan nasional Padang-Bukittinggi.

"Pembangunan jalan lingkung Duku-Sicincin ini sebetulnya sudah dimulai pada tahun 2004 lalu tapi terhenti dan kembali lagi kita mulai pengerjaannya pada periode 2011-2015," katanya di Lubuk Alung, Sabtu.

Ia menyebutkan, saat ini jalan Duku-Sicincin sudah dikerjakan sepanjang 17 kilometer dan sisanya yang 10 kilometer akan dikerjakan secara bertahap.

Ia mengungkapkan biaya pembangunan jalan lingkung Duku-Sicincin periode 2011-2015 bersumber dari dana APBD Provinsi Sumbar dan APBN masing-masing sebesar Rp43,08 miliar dan Rp109,7 miliar dengan jumlah biaya mencapai Rp152,78 miliar.

"Sedangkan awal pembangunan jalan Duku-Sicincin pada tahun 2004 lalu juga menelan biaya dari APBD Sumbar sebanyak Rp35,2 miliar," katanya.

Selain itu, lanjut dia, saat ini pihaknya sudah mengusulkan tambahan anggaran kepada DPRD Sumbar guna penyelesaian sisa jalan sepanjang 10 kilometer tersebut dan untuk proses pengerjaannya sudah bisa dimulai pada tahun depan.

"Untuk sisa jalan yang 10 KM itu menurut Pak Bupati masalah pembebasan lahan tanah serta ganti-ruginya sudah beres. Insya Allah tahun depan pengerjaannya sudah bisa dimulai," katanya.

Gubernur secara khusus memberikan apresiasi kepada masyarakat Lubuk

Alung karena mau menghibahkan dan merelakan tanah ulayatnya demi mendukung pembangunan jalan lingkung Duku-Sicincin ini.

"Untuk itu kami terus meminta dukungan dan partisipasi dari masyarakat setempat demi kesuksesan pembangunan di ranah yang kita cintai ini," ujarnya.

Sementara itu Bupati Padangpariaman Ali Mukhni mengatakan pembangunan jalan lingkung Duku-Sicincin ini memberikan dampak positif bagi masyarakat selain untuk mengatasi kemacetan di jalan nasional Padang-Bukittinggi, pembangunan jalan ini juga memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakat Lubuk Alung yakni naiknya nilai dan harga jual tanah mereka.

"Untuk itu kami mengimbau dan berharap kepada masyarakat agar bisa menjaga dan merawat terhadap semua fasilitas infrastruktur yang sudah kita bangun ini dengan sebaik-baiknya," katanya.

Tampak hadir pada acara peresmian pembangunan jalan lingkung bebas hambatan Duku-Sicincin ini yaitu Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan rahim, anggota DPRD Sumbar Siti Izzaty Aziz, Kepala Balai Besar Satker Jalan Nasional Wilayah I Sumbar Marasas Panjaitan, Kepala Dinas Prasjal dan Tarkim Sumbar Ir. Suprapto, Ketua DPRD Padangpariaman Faisal Arifin, Walinagari Lubuk Alung Hari Subrata, dan sejumlah pejabat Pemkab Padangpariaman lainnya. (*)