Selasa, 19 September 2017 - 28 Zulhijjah 1438 H

Messi Tetap Dipercaya sebagai Eksekutor Penalti Barca

Barcelona, (Antara/AFP) - Lionel Messi akan tetap dipercaya sebagai eksekutor penalti Barcelona meski ia gagal memasukan bola lewat titik putih saat melawan Manchester City di Liga Champions, demikian ditegaskan pelatih Luis Enrique.

Bintang Argentina itu akan tetap menjalankan tugas-tugasnya untuk mengambil penalti "tanpa ragu," kata Enrique, meski kegagalannya pada detik-detik terakhir pada pertandingan pertama putaran 16 besar Liga Champions pada Selasa.

Kiper City Joe Hart secara brilian menggagalkan eksekusi penalti Messi dan penyerang bertubuh kecil itu juga gagal mengonversi bola pantul untuk menjadi gol. Gol yang semestinya akan membuat Barcelona memimpin 3-1.

Messi sekarang telah gagal mengonversi lima dari sepuluh penalti terakhir yang diambilnya untuk klub dan negara.

Peraih penghargaan Pemain Terbaik Dunia sebanyak empat kali itu gagal memasukan tiga penalti untuk Barcelona pada musim ini, dan meninggalkan lapangan sendirian ketika Luis Suarez yang mencetak dua gol dan para pemain lain merayakan kemenangan itu dengan para penggemar Barcelona di Stadion Etihad.

Namun Enrique tetap mempercayai sang bintang meski dilaporkan hubungan antara kedua orang ini kurang mulus.

"Penalti-penalti adalah untuk siapapun yang berani maju dan Leo Messi tanpa diragukan lagi merupakan penendang penalti kami," kata Enrique.

"Kita tahu bahwa penalti-penalti dapat gagal pada pertandingan ini dan pemain berikutnya yang akan mengambilnya adalah Lionel Messi," ucapnya.

Dengan Suarez bersinar menutupi sesama rekan Amerika Selatannya, Enrique menegaskan itu tetap "merupakan malam untuk dirayakan."

"Leo tahu bagaimana untuk menghadapi situasi-situasi ini," tambah Suarez, yang menikmati malam terbaiknya dalam balutan seragam Barca sejak didatangkan dari Liverpool pada Juli.

"Terkadang Anda mencetak gol melalui penalti dan pada lain waktu gagal. Hal yang penting adalah tim memainkan babak pertama dalam setiap pengertian."

Pada awal bulan ini, Messi untuk pertama kalinya dalam lima tahun memberikan tanggung jawab mengambil penalti kepada pemain lain, saat ia membiarkan Neymar mengeksekusi penalti ke gawang Villarreal pada pertandingan pertama semifinal Piala Raja mereka. Bagaimanapun, sepakan pemain Brazil itu juga dapat digagalkan kiper Sergio Asenjo. (*/jno)

Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Joko Nugroho
         Sawahlunto, kota kecil yang berjarak sekitar 80 kilometer dari Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat ...
Baca Juga