Kamis, 27 April 2017 - 31 Rajab 1438 H

Pemkab Agam Targetkan Partisipasi 90 Persen Saat Pileg

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam menargetkan partisipasi masyarakat dalam memberikan hak pilih pada pemilihan umum 9 April 2014 sebesar 90 persen.

"Kami mengimbau masyarakat memberikan hak pilih ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 9 April 2014, sehingga target partisipasi sekitar 90 persen ini akan tercapai nantinya," kata Bupati Agam Indra di Lubukbasung.

Ia mengatakan, target 90 persen ini berdasarkan hasil pemilihan wali nagari di sejumlah nagari di Kabupaten Agam dan rata-rata masyarakat memberikan hak pilih sekitar 60 sampai 70 persen.

Lalu, Pemkab Agam dan KPU Kabupaten Agam telah memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Selain itu, katanya, suasana di Kabupaten Agam saat ini kondusif dan tidak ada konflik di tengah-tengah masyarakat sekaitan dengan pemilu 2014.

Lebih jauh Bupati mengatakan, Pemkab Agam menerapkan "Pemilu Badusanak" atau pemilu berkeluarga, agar pemilu dapat terlaksana dengan aman, tertib dan lancar.

"Ini diterapkan karena sesama caleg memiliki hubungan kekerabatan yang erat dan mempunyai rasa persaudaraan yang sangat kental, mengingat bahwa pada umumnya caleg berasal dari Kabupaten Agam," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Agam, Alhadi menambahkan, KPU setempat sudah siap melaksanakan pemilu tahun ini, baik dari petugas maupun surat dan kotak suara.

"Saat ini surat suara sudah sampai dan dalam waktu dekat ini akan dilakukan proses pelipatan. Setelah itu, surat suara akan kami distribusikan ke 16 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)," katanya.

Ketua Panwaslu Kabupaten Agam, Yondi Fitra menambahkan, tahapan yang dijalankan KPU Kabupaten Agam sesuai dengan aturan dan peraturan undang-undang.

"Sukses pemilu tidak hanya dari penyelengara, namun dukungan dari Pemkab Agam, partai politik, masyarakat dan lainnya," katanya. (ari)





Editor : Syafril Adriyansyah

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Mario Sofia Nasution
          Padang, 25/4 (Antara) - Keputusan Tim Semen Padang FC mengontrak pemain bintang dunia atau ...
Baca Juga