Bimbingan Potensi Akademik

id Bimbingan Potensi Akademik

PADANG - Meski sudah menjalani masa liburan, anak-anak Rumah Binaan (Rumbi) Dompet Dhuafa Singgalang masih menjalani satu pertemuan lagi untuk materi pelatihan. Kali ini, kakak pembina yang merupakan tetor Bimbel terama di Kota Padang, Yogi, memberikan materi Tes Potensi Akademik.

"Tes Potensi Akademik atau TPA adalah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan atau akademis. Karenanya TPA ini sering dihubungkan dengan kecerdasan seseorang," terang Yogi di awal pembukaan pelatihan, Minggu (22/12).

Yogi kemudian melanjutkan penjelasannya dengan pengenalan soal-soal TPA pada umumnya. Setelah pengarahan dirasa cukup, barulah anak-anak Rumbi melakukan latihan mengerjakan TPA. Awalnya berdiskusi dan ditutup dengan pengerjaan sendiri.

Menurut Ketua Divisi Lamusta Dompet Dhuafa Siggalang, Antoni Saputra, TPA ini sebenarnya prioritas untuk mereka yang sudah duduk di kelas 3 sekolah menengah. Namun untuk kelas-kelas di bawahnya, pelatihan tersebut merupakan pengenalan.

"Harapan kami, mereka bisa paham dan kemudian mau berlatih sendiri untuk mengerjakan soal-soal TPA," tutup Antoni. (winda)