Video Seluler Semakin Menjadi Mainstream di Kalangan Pengguna Internet Seluler di Pasar Negara Berkembang

id Video Seluler Semakin Menjadi Mainstream di Kalangan Pengguna Internet Seluler di Pasar Negara Berkembang

67% Responden Survei Secara Global Menganggap Seluler Sebagai Platform Menonton Hiburan PrimerMILPITAS, California 26 November 2014 - (ANTARA) - Vuclip, layanan video seluler premium atas permintaan yang terdepan untuk pasar negara berkembang, hari ini mengumumkan bahwa 67% dari 12.000 responden survei global memilih seluler sebagai metode primer mereka untuk menonton film, video musik, dan acara TV favorit. Secara umum, 81% responden survei berasal dari pasar berkembang India, Timur Tengah, dan Asia Tengara. Ini menggambarkan bahwa popularitas video seluler di pasar berkembang telah bergerak melampaui sekedar beberapa pencoba awal dan sedang dengan cepat menjadi mainstream.

Responden survei di pasar berkembang menunjukkan keinginan yang semakin besar untuk membayar guna mendapatkan pengalaman video yang lebih baik, seperti HD dan konten video yang tanpa

buffer (non-buffered), dan agar pembayaran dilakukan melalui operator seluler mereka.

Hasil keseluruhan studi global ini menemukan bahwa:

- 70% laki-laki dan 56% perempuan memilih untuk menonton video, acara TV, dan film favorit mereka pada perangkat seluler; dibandingkan dengan 20% laki-laki dan 29% perempuan yang masih lebih memilih televisi

- 85% laki-laki dan 75% perempuan mengatakan bahwa mereka akan memperpanjang waktu mereka menonton video di perangkat seluler di masa mendatang

- 73% laki-laki dan 61% perempuan mengatakan penting bahwa video tidak di-

buffer saat mereka menontonnya; dan 54% laki-laki dan 49% perempuan mengatakan bahwa mereka bersedia membayar untuk mengunduh video hanya demi menghindari buffering

- 65% laki-laki dan 54% perempuan lebih memilih membayar melalui operator seluler untuk membeli video seluler; diikuti masing-masing melalui pembayaran kredit/toko dan pembayaran net banking.

Berikut ini adalah hasil survei lebih lengkapnya yang dibagi berdasarkan kawasan:

India- Selera untuk menonton video seluler di India (74%) lebih tinggi daripada rata-rata global sebesar 67% dengan 77% laki-laki dan 66% perempuan menonton video, acara TV, dan film favorit mereka di perangkat seluler. 85% laki-laki dan 77% perempuan lebih jauh mengatakan bahwa mereka akan memperpanjang waktu mereka menonton video di perangkat seluler di masa mendatang.

-

Buffering video merupakan hambatan besar bagi konsumen di India dengan lebih dari 55% responden bersedia membayar untuk mendapatkan pengalaman menonton yang lebih lancar.

- Bagi 66% responden, membayar melalui operator seluler mereka merupakan cara yang lebih diutamakan untuk membeli video

Asia Tenggara- Di Asia Tenggara, keterikatan dengan operator lebih kuat daripada rata-rata pasar negara berkembang, dengan 70% laki-laki dan 59% perempuan lebih memilih kenyamanan membayar melalui operator seluler mereka guna membeli video seluler.

Timur Tengah- Konsumen kawasan Timur Tengah menunjukkan kesediaan yang lebih besar untuk menggunakan bentuk-bentuk pembayaran lain seperti kartu kredit dan pembayaran toko daripada rata-rata pasar negara berkembang. Tetapi 55% laki-laki dan 43% perempuan masih lebih memilih untuk membayar melalui operator seluler mereka guna membeli video seluler.

"Seluler dengan cepat menjadi media pilihan bagi konsumen di pasar negara berkembang untuk menonton musik, film, dan acara TV favorit," ungkap Arun Prakash, COO Vuclip. "Sangatlah wajar bahwa konsumen mengharapkan pengalaman menonton tanpa di-

buffer dalam metode konsumsi primer mereka, dengan konten definisi tinggi yang relevan dan kemudahan metode pembayaran. Harapan dan kebutuhan ini terus menginspirasi kami sebagai pemimpin industri untuk berinovasi dalam bidang ini. Kami melihat adanya ekonomi video seluler yang kuat dan bertumbuh cepat di pasar berkembang, di mana keseluruhan ekosistem akan keluar sebagai pemenang."

Konten Regional Populer dalam K3Pengguna di India menjelajahi konten pada berbagai jenis minat yang beraneka ragam dari trailer film horor, Bollywood, pidato perdana menteri, serangan harimau di Kebun Binatang Delhi, dan konten devosional yang diinspirasi oleh semua festival yang tengah dirayakan di seantero negeri dalam kuartal ini. Penonton Timur Tengah menonton musim pertama yang populer dari Your Face Sounds Familiar, konten yang terinspirasi bulan Ramadhan dan juga sepak bola pada bulan Juli, drama Turki yang disulih suara dengan bahasa Arab, dan video musik Arab. Asia Tenggara menunjukkan peningkatan jumlah penonton selama libur sekolah untuk video komedi dengan tema sekolahan, konser di Singapura oleh pemenang Indonesian Idol 2012 meningkatkan jumlah penontonan video artis itu, dan juga pencarian untuk video dari selebriti seperti Kim Kardashian, Miley Cyrus, Shahrukh Khan, dan Justin Bieber.

Istilah Pencarian Paling UmumSementara genre paling populer menyediakan wawasan mengenai bidang topik luas yang menarik minat pengguna, istilah pencarian paling umum memberikan potret saat itu mengenai apa yang ada di benar para pemirsa dalam kuartal ini. Pencarian (di mesin pencari) paling banyak dalam kuartal tersebut menunjukkan bahwa cerita berita teratas dan acara olahraga penting berbaur dengan selebriti pujaan.

India Timur Tengah Indonesia

1. Mary Kom Review Jennifer Lopez Miley Cyrus

2. Alia Bhatt Kim Kardashian Shahrukh Khan

3. Salman Khan & Deepika Nancy Ajram Kim Kardashian

4. PM Modis Speech Haifa Wehbe Justin Bieber

(Pidato PM Modi)

5. Classic YRF Songs Football Rihanna

(Lagu YRF Klasik) (Sepak bola)

MetodologiSeluruh data statistik dalam laporan ini dikumpulkan melalui survei global atas lebih dari 12.000 orang terutama dari India, Asia Tenggara, dan Timur Tengah, yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2014. Pengguna disodori pertanyaan pilihan ganda dan dapat memilih untuk tidak ikut. Tidak ada insentif yang diberikan untuk ikut menjawab. Informasi untuk pencarian paling banyak merupakan hasil dari kemampuan kami untuk mengumpulkan informasi anonim mengenai apa yang dicari pengguna dan di negara mana mereka berada. Saat kami mengagregasi data itu, kami mendapatkan potret tren yang sangat menarik dalam dunia seluler.

Tentang VuclipVuclip adalah layanan video atas permintaan seluler premium yang terdepan bagi pasar negara berkembang dengan lebih dari 5 juta pelanggan per kuartal dalam enam negara yang berbeda. Melalui kemitraan strategis dengan lebih dari 160 studio terbaik di seluruh dunia, Vuclip menghadirkan bagi para pelanggannya film Hollywood dan regional terlaris, acara TV, dan video musik dalam 20 bahasa yang berbeda. Dynamic Adaptive Transcoding Vuclip menyediakan pengalaman menonton unbuffered yang mengagumkan bagi para konsumennya pada berbagai perangkat seluler dan pada segala jaringan. Vuclip berkantor pusat di Milpitas, California, dan juga hadir di Dubai, Beijing, Kuala Lumpur, Mumbai, Delhi, Jakarta, dan Bangkok. www.vuclip.com

Melissa Sheridan

Msheridan@vuclip.com