Kamis, 27 April 2017 - 31 Rajab 1438 H

Anies Baswedan Dorong Kualitas Pendidikan Meningkat

Jakarta, (Antara) - Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Kabinet Kerja Anies Rasyid Baswedan mengatakan dirinya akan mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Tanah Air.

"Pendidikan adalah hal mendasar. Kualitas manusia ditentukan oleh pendidikan, kesehatan dan kesejahteraannya," ujar Anies sesaat setelah pengumuman susunan Kabinet Kerja 2014-2019 di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Minggu.

Pendidikan, sambung dia, menjadi hal yang krusial pada masa depan. Apalagi kita berada di era global.

"Karena itu kita dorong kualitasnya meningkat. Saat Indonesia merdeka, angka melek huruf lima persen, saat ini meningkat menjadi 95 persen."

Penggagas Indonesia Mengajar itu mengajak seluruh masyarakat terdidik untuk ikut serta memajukan pendidikan Indonesia.

"Pendidikan jangan dipandang tanggung jawab negara, tapi moral setiap orang terdidik. Pendidikan masalah bersama. Jadi setiap orang terlibat," jelas Rektor Universitas Paramadina itu.

Disinggung mengenai prioritasnya, Anies mengatakan akan membicarakannya setelah dilantik. Ia akan dilantik pada Senin (27/10).

Anies Baswedan lahir di Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969. Ia merupakan cucu dari pejuang kemerdekaan Abdurrahman Baswedan.

Anies merupakan rektor termuda yang dilantik pada 2007. Saat itu, ia berusia 38 tahun.

Ia mempelopori gerakan Indonesia Mengajar, Indonesia Menyala, dan Kelas Inspirasi

Sebelumnya, ia mengikuti konvensi Partai Demokrat. Pada masa Pilpres, ia menjabat sebagai juru bicara pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla. (*/WIJ)

Editor : Hadi Wijaya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Mario Sofia Nasution
          Padang, 25/4 (Antara) - Keputusan Tim Semen Padang FC mengontrak pemain bintang dunia atau ...
Baca Juga