Sabtu, 21 Oktober 2017 - 31 Muharram 1439 H

Anies Baswedan Apresiasi Situs Kawal Pemilu

Juru bicara pasangan calon presiden Joko Widodo dan calon wakil presiden Jusuf Kalla, Anies Baswedan. (Antara)
Jakarta, (Antara) - Juru bicara pasangan calon presiden Joko Widodo dan calon wakil presiden Jusuf Kalla, Anies Baswedan mengapresiasi terobosan yang dilakukan para relawan Jokowi-JK dalam memantau pemilihan umum.

Apresiasi tersebut disampaikan mantan Ketua Etik KPK itu dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Kamis.

Menurut Anies, pelaksanaan pemilihan umum presiden (pilpres) kali ini menunjukkan keterlibatan aktif masyarakat. Salah satu yang membuktikan hal tersebut adalah tingkat partisipasi warga yang tinggi dalam pemantauan hasil pemilu.

"Terobosan baik dalam pemilu dan demokrasi kita adalah masyarakat mengawasi pemilu secara aktif," kata Anies Baswedan.

Penggagas Gerakan Indonesia Mengajar tersebut menyebutkan contoh yang paling nyata dari aktifnya partisipasi relawan dalam mengawal hasil pilpres adalah melalui situs kawalpemilu.org.

"Situs ini membuktikan bahwa ikhtiar pemuda untuk terlibat aktif dalam demokrasi tidak perlu diragukan lagi. Situs ini dibuat dan dirawat oleh anak muda dengan partisipasi aktif masyarakat dalam pelaporan data penghitungan suara," katanya.

Anies menilai partisipasi publik dalam demokrasi seperti yang dilakukan situs kawalpemilu harus terus dirawat.

Situs Kawal Pemilu dibuat oleh Ainun Najib, seorang juara Olimpiade Matematika yang juga lulusan Nanyang Technological University (NTU).

Menurut Ainun, situs dibuat untuk menyambut ajakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengawal proses penghitungan suara.

"Kedua capres juga menyerukan untuk mengawal. Kita lihat datanya tersedia, dan secara teknologi informasi bisa dikerjakan," kata Ainun.

Ia juga mengatakan ada sekitar 700 relawan yang berkontribusi menginput data.

"Ini semua gratis," kata Ainun saat ditanya sumber dananya bagi situs tersebut.

Hingga Rabu (16/7) situs Kawal Pemilu menempatkan Jokowi-JK unggul dengan 52,83 persen mengalahkan Prabowo-Hatta dengan perolehan 47,16 persen. (*/jno)

Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga